Matematika Itu Tidak Susah

Thursday 5 September 20130 comments

Untuk postingan kali ini, Extetika's blog sedang ingin share tentang pelajaran matematika yang kebanyakan orang mengatakannya pelajaran yang sulit. Buat kebanyakan orang, matematika katanya sulit. Namun, di sisi lain, banyak juga yang menyukai matematika, bahkan menekuni pelajaran ini sampai mengikuti olimpiade dan menjuarainya.
Kita cari dulu, apa arti kata Matematika, dan dari sumber wikipedia: Matematika (dari bahasa Yunani: μαθηματικά - mathēmatiká) adalah studi besaran, struktur, ruang, dan perubahan. Para matematikawan mencari berbagai pola, merumuskan konjektur baru, dan membangun kebenaran melalui metode deduksi yang kaku dari aksioma-aksioma dan definisi-definisi yang bersesuaian. Iya, itu tadi dari bahasa Yunani. Tapi, kita bisa memaknai sendiri apa itu Matematika, misalnya; angka-angka, berhitung, rumus dan sejenisnya. 
http://satufikr.files.wordpress.com/2010/04/rumus-matematika-png.jpeg
Banyak yang mengatakan matematika itu ilmu pasti, tapi bagaimana dengan 1+1 yang bisa = 1 padahal kenyataannya juga bisa 2. Nah! bermacam-macam argumen tentang matematika. Buat sebagian orang yang mengatakan matematika itu sulit, mereka belum kenal betul seperti apa itu matematika. Nanti kalau sudah kenal bakal jatuh cinta loh. Layaknya sepasang manusia yang sedang jatuh cinta, selalu ingin bertemu, selalu ingin bersama. Hehe.
Jangan bilang tidak suka kalau belum tahu. Jangan bilang benci kalau belum kenal betul. Kalau tidak suka matematika, kalian tidak akan bisa menghitung uang, kalian tidak tau mengenai angka, kalian tidak tahu melihat jam, kalian tidak tahu banyak tentang apapun di kehidupan sehari-hari tentang matematika. Iya, karena matematika erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari.
Ini sebagian tips agar kalian suka matematika. Ini baru suka, belum kasih bagaimana cara biar bisa jatuh cinta :)) :
1. Jangan pernah anggap matematika itu sebagai suatu pelajaran, tapi sebagai kebutuhan. Misalnya kalian butuh matematika agar bisa menghitung, atau mengetahui hal-hal tentang kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan matematika
2. Pelajari matematika dari dasarnya yang paling sangat mudah, jangan pindah pelajaran dulu kalau belum mengerti.
3. Katika ada rumus yang bermunculan, usahakan jangan menghafal rumusnya tapi mengingat dengan cara mengerti (nanti yah dishare di postingan berikutnya bagaimana yang dimaksudkan)
4. Jangan pernah jadikan matematika sebagai beban
Hanya itu beberapa tips yang dapat kami berikan, nanti akan kami beri lagi. Yang bilang matematika sulit, itu salah. Matematika tidak sulit kok. Kalau matematika sulit tidak ada yang bakal jadi matematikawan ataupun juara olimpiade matematika. Tapi, itu kembali ke selera masing-masing sih. Setiap orang punya selera berbeda, ada yang suka matematika, ada yang suka ini, itu, dan lain-lain. Tapi, buat yang seleranya bukan matematika, tidak perlu menjudge matematika itu sulit, kan? Apalagi sampai benci. Jangan dong yah :))
Sekian. Wassalamualaikum.
Share this article :

 
Member Of Komunitas Blogger Wajo - Template Original By Creating Website - Modified by Rizal Zulfachri
Copyright © 2013. EXTETIKA UIN Alauddin - All Rights Reserved